one stop printer solution

Proses Cetak Non Magnetic Single Pass Color Toner - HP LaserJet 4600

by Admin

Posted on 2017-05-26 11:52:01


Cetak single-pass adalah dimana kertas melewati masing masing kartrid warna yang berjejer dalam 1 baris pada satu waktu. Sistem ini lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan system karosel. Umumnya digunakan hanya pada mesin yang lebih mahal.

Tahap 1 adalah tahap Primary Exposure. Sinar dari Primary Exposure LED (yang berada di dalam kartrid), menyinari drum. Hal ini mengeliminasi sisa muatan pada permukaan drum, dan memastikan lapisan muatan yang konsisten.

Tahap 2, Primary Charge Roller (PCR) memberikan tegangan DC yang sama pada permukaan drum. Jumlah tegangan negative DC pada drum dikontrol oleh pengaturan intensitas printer.

Tahap 3, sinar laser ditembakkan ke kaca yang berputar/ berotasi (disebut pemindai). Sejalan dengan kaca berputar/ berotasi, sinar laser dipantulkan ke lensa focus dan menyinari permukaan drum. Menetralisir muatan negative dan meninggalkan gambar/ image elektrostatik yang terpendam pada dum. Area yang tidak disinari laser tetap bermuatan negative. Setiap kartrid warna memiliki laser dan unit pemindai sendiri.

Tahap 4 (tahap pengembangan) dimana toner dikembangkan pada drum oleh bagian pengembangan (atau ruang supply) yang memuat partikel toner. Tahap pengembangan terdiri dari 2 langkah: Pemberian Muatan Toner dan Pengembangan Aktual. Pada tahap pemberian muatan toner, toner stirring blade berbelok di dalam hopper. Pada saat berbelok, gesekan menyebabkan pembentukan muatan negative pada toner. Sebagai tambahan, tonner charging roller juga memberikan tegangan negative pada toner. Pemberikan muatan ini memastikan pemberian muatan yang sama besarnya pada toner. Setelah toner diberikan muatan dengan baik, toner akan melapisi developer toner. Toner juga akan tetap menempel pada developer roller karena tegangan negative DC bias lainnya. Tegangan ini dikontrol oleh pengaturan intensitas intensitas printer yang menyebabkan lebih banyak atau lebih sedikit toner yang menempel pada developer toner. Hal ini berarti bertambah atau berkurangnya kepadatan/ ketebalan tinta. Toner dialihkan ke developer roller dengan mekanisme pengalihan, dalam hal ini adalah roller sell foam terbuka (open-cell foam roller). Jumlah toner pada developer roller dikontrol oleh doctor blade, yang menggunakan penekanan untuk menjaga jumlah toner pada roller konstan. Pada saat area OPC Drum yang terpapar sinar laser mendekat developer roller, partikel toner menempel ke permukaan drum dikarenakan muatan elektrik toner yang berlawanan dengan muatan elektrik area OPC Drum yang terpapar sinar laser.

Tahap 5 adalah transfer block. Dimana terdapat perbedaan besar dengan printer monochrome. Langkah pertama dari transfer block adalah dimana attaching roller memberian muatan positif pada kertas. Attaching roller berada tepat setelah roller pengambil kertas. Attaching roller juga mendorong kertas ke atas terhadap transfer elektrostatik/ transport belt atau ETB. Tegangan positif DC Bias berada di roller pemindah muatan yang berada di belakang OPC Drum dan di sisi belakang ETB. Setiap toner kartrid memiliki transfer charging roller. Pada saat ETB melewati transfer charging roller, muatan positif dibawa, membuat toner bermuatan negative pada drum menempel ke kertas. Proses ini diulang untuk setiap kartrid warna. Pada saat toner jatuh ke kertas, muatan positif pada kertas semakin kecil seiring dengan melintasi setiap kartrid. Oleh karena itu, muatan ditambah pada transfer charging roller untuk setiap iringan warna. Kertas terpisah dari ETB Belt pada saat belt mencapai atas jalurnya dan kembali ke bawah untuk memulai kembali proses.

Tahap 6, gambar dipanaskan ke kertas oleh perangkat pemanas/ fuser assembly. Fuser assembly terdiri dari perangkat pemanas atas dan penekan roller bawah/ lower pressure roller.Penekan roller bawah menekan kertas ke atas ke perangkat pemanas atas yang mencairkan toner ke kertas. Perangkat pemanas atas terdiri dari selongsong fleksibel dengan gulungan pemanas induksi di dalamnya. Type pemanas ini dapat memanaskan instant tanpa harus menunggu dan hemat energy.

Tahap akhir dimana ETB Belt dan drum dibersihkan.

ETB Cleaning

ETB Belt dibersihkan setiap printer menyala, pada saat tutup printer ditutup, pada saat printer mulai bekerja, dan setelah beberapa halaman spesifik. Muatan bias positif dan negative diaplikasikan ke transfer charge roller. Tegangan ini menghalau semua residu toner ETB dan atas OPC Drum yang dibersihkan oleh wiper blade. Setelah siklus cetak, terdapat toner dengan muatan positif dan negative yang tertinggal pada ETB, karena itu muata bias positif dan negative diperlukan. Developer toner selalu kontak dengan OPC Drum, perlu berhati hati untuk memastikan ruang pasokan toner tidak terkontaminasi dengan toner lama. Pada saat pembersihan ETB maupun cetak monochrome, developer roller tidak boleh kontak dengan drum. Dengan cara pada bagian bawah kartrid dapat berputar sehingga developer roller menjauh dari drum. Sebuah blok kecil ditempatkan di bawah belakang setiap kartrid yang mendorong keatas untuk melepas developer roller.

OPC Drum Cleaning

Drum dibersihkan setelah gambar dipindahkan ke kertas oleh wiper blade. Tahap ini cukup standard, wiper blade mengikis toner pada drum, dan recovery blade menggiring ke ruang pembuangan. Toner yang terbuang kemudian dipindahkan ke belakang ruang pembuangan oleh waste toner transfer plate/ plat pemindah toner terbuang. Perbedaannya adalah roller lain juga perlu dibersihkan. Selama pencetakan normal, toner akan menempel pada PCR dan toner charging roller. Tegangan DC Bias diaplikasikan dengan jumlah yang berbeda pada kedua roller supaya toner berpindah dari roller ke drum, dimana wiper blade akan membersihkannya. Proses pembersihan PCR dan Toner Charging Roller terjadi ketika printer dinyalakan, tutup printer ditutup, memulai print dan setelah beberapa halaman.

Kalibrasi Printer

Pada permulaan siklus kalibrasi ini. Printer akan mengkalibrasi sendiri pada saat printer dinyalakan, toner baru dipasang, setelah 8 jam pemakaian, dan spesifik interval halaman. Kalibrasi terdiri dari blok solid, dan setengah dari setiap warna yang dicetak ke ETB. Seiring area yang tercetak mencapai atas belt, sensor akan mendeteksi, mengukur kepadatan/ ketebalan, dan menyetel printer. Terdapat juga kalibrasi fisik dari gear train dan berbagai roller.

Side Widget Well

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Inventore, perspiciatis adipisci accusamus laudantium odit aliquam repellat tempore quos aspernatur vero.


Recomended For You :