one stop printer solution

Proses Cetak Magnetic Toner - Monochrome HP Laserjet

by Admin

Posted on 2017-05-26 01:44:05


Proses cetak kartrid Magnetic Toner paling baik dijelaskan dalam beberapa tahapan atau seri.

Pada tahap 1, Primary Charge Roller (PCR) memberikan muatan negative tegangan DC Bias pada permukaan OPC drum. Jumlah muatan negative DC Bias dikontrol oleh pengaturan intensitas printer. Proses ini dinamakan Conditioning.

Pada tahap 2 (juga disebut sebagai bagian imaging/ pembentukan gambar), sinar laser ditembakkan ke cermin yang berotasi/ berputar (disebut pemindai/ scanner). Pada saat kaca berotasi, sinar laser memantul ke lensa focus. Kemudian menyorot kepada permukaan OPC, membentuk gambar elektrostatik yang tidak terlihat pada drum.

Tahap 3 (tahap pengembangan/ developer) dimana gambar toner dibentuk pada drum pada bagian pengembangan (atau ruang pasokan/ supply chamber) yang mengandung partikel toner. Toner diambil oleh magnetic roller sleeve oleh magnet di dalam sleeve/ selongsong, dan tegangan bias disupply oleh sumber daya listrik bertegangan tinggi. Tegangan DC Bias dikontrol melalui pengaturan intensitas printer yang menyebabkan lebih banyak atau lebih sedikit toner yang menempel pada drum. Pada akhirnya menyebabkan bertambah atau berkurangnya kepadatan/ ketebalan cetak. PCR dan DC Bias dikontrol oleh pengaturan intensitas printer. Jumlah toner pada magnetic roller sleeve dikontrol oleh karet Doctor Blade, yang menggunakan penekanan untuk menjaga jumlah toner pada magnetic roller sleeve konstan. Blade ini juga membuat toner bermuatan statis,  untuk mempermudah perpindahan ke OPC drum. Pada saat yang sama sinyal AC juga ada pada magnetic roller sleeve. Sinyal ini mengurangi penarikan toner ke Magnetic Roller Sleeve, dan membuat toner menjauh dari area drum yang tidak terpapar sinar laser. Manfaat AC dapat menambah kepadatan atau ketebalan, dan kontras toner pada hasil cetak. Pada saat area pada OPC drum yang terpapar sinar laser mendekati magnetic roller, partikel toner menempel pada permukaan drum dikarenakan muatan partikel toner berlawanan dan permukaan OPC drum yang terpapar sinar laser.

Pada tahap 4 (tahap perpindahan), gambar toner kemudian dipindahkan ke kertas pada saat kertas melewati bagian bawah drum oleh transfer charge roller, dimana terdapat muatan positif pada sisi belakang kertas. Muatan positif ini memmbuat toner bermuatan negative pada permukaan drum menempel pada kertas. Diameter drum yang kecil dikombinasi dengan kertas yang kaku menyebabkan kertas menarik toner dari drum.

Pada tahap 5 (tahap pemisahan), kertas dan drum terpisah, penghilang muatan statis memperlemah daya tarik antara permukaan drum yang bermuatan negative dan muatan positif pada kertas. Hal ini mencegah mencegah toner keluar ke kertas pada suhu rendah dan lembab, dan juga mencegah kertas terlilit pada drum

Pada tahap 6 (tahap pemanasan), gambar kemudian dikeringkan di kertas oleh perangkat pemanas/ fuser, dimana terdiri dari roller fuser atas dan bawah. Kertas melewati antara elemen fuser atas dan karet lembut pada roller bawah yang menekan kertas ke roller atas. Elemen panas pada roller atas mencarikan toner ke kertas. Roller atas dapat berupa roller pemanas dan lapisan Teflon yang keras dengan lampu halogen di dalamnya maupun lapisan Teflon dengan elemen pemanas keramik di dalamnya. Mesin terbaru semua memiliki pemanas keramik kerena hemat energy, dan instant-on yang dapat mempercepat pencetakan/ printing.

Pada tahap 7 (tahap pembersihan drum), OPC Drum dibersihkan. Rata-rata, sekitar 95% dari toner dipindahkan ke kertas dalam siklus cetak. Pada saat drum berputar selama pencetakan, sisa 5% dari toner yang terdapat pada OPC Drum dibersihkan oleh wiper blade. Dan dibuang dan disimpan di tempat pembuangan oleh recovery blade. Setelah siklus cetak selesai, Primary Charge Roller akan memberikan tegangan AC pada permukaan drum untuk menghapus semua sisa muatan yang tertinggal. OPC Drum saat ini siap untuk dikondisikan Primary Charge Roller dengan menggunakan tegangan negative DC Bias dan mulai siklus pencetakan kembali. Pada system yang lama, PCR dan transfer roller diganti dengan primary corona wire dan transfer corona wire. Wire ini melakukan tugas yang sama, namun membutuhkanb lebih banyak daya. Keuntungan system Primary Charge Roller adalah lebih hemat daya, tidak menghasilkan ozone, dan menggantikan erase lamp yang ada pada printer laser yang lama.

Side Widget Well

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Inventore, perspiciatis adipisci accusamus laudantium odit aliquam repellat tempore quos aspernatur vero.


Recomended For You :